Friday, May 23, 2014

5 Tips Untuk Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Windows Phone

Ruang penyimpanan pada sebuah gadget atau smartphone sangat vital dan menjadi komponen terpenting yang mutlak dimiliki setiap individunya. Tak terpungkiri juga oleh apparel penyedia software, aplikasi, service dan bahkan sekarang mobile. Ya, MICROSOFT kini telah berkembang pesat dan bahkan maju. Produk mobile terpercaya dari Microsoft adalah Windows Phone.

Windows Phone kini telah berkembang pesat di negara" berkembang, seperti India, Italia dan banyak lagi. Dengan dikeluarkan berbagai macam Windows Phone mulai dari Nokia, HTC, Samsung dan Huawei. Tetapi yang paling kuat untuk produk Windows Phone adalah Nokia. Setiap Windows Phone pastinya mempunyai ruang penyimpanan yang memadai, dari 8 GB - 32 GB untuk internal storage.


Kali ini saya sedikit memberikan 5 tips untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di Windows Phone, diantaranya :

1. Cek Seberapa Besar Ruang Penyimpanan yang Kamu Gunakan

Pertama, jika kamu ingin tahu seberapa banyak memori yang tersisa dan apa saja yang telah mengisi memori Windows Phone kamu, maka kamu dapat dengan mudah menemukan informasi ini dengan masuk ke pengaturan Windows Phone kamu. Setiap Windows Phone memiliki pengaturan penyimpanan Telepon yang akan menampilkan berapa banyak memori yang digunakan, jumlah memori kosong dan kamu juga bisa melihat bagaimana memori yang digunakan rusak. Tap Storage Sense dan kamu akan tahu seberapa banyak penyimpanan yang digunakan untuk aplikasi dan game, musik dan video, gambar dan dokumen. Dan kalian juga bisa melakukan free up memori file sementara dengan menggeser kebawah menu phone storage , kemudian tap temporary files dan pilih delete.

Kembali ke halaman utama Storage Sense , jika Anda memiliki Windows Phone dengan micro SD maka ada dua pilihan yang akan tersedia untuk mengarahkan musik , video, dan file gambar ke kartu micro SD untuk penyimpanan . Ini dapat membebaskan on-board storage untuk aplikasi dan game .

Jika kamu memiliki Windows Phone dengan apparel Nokia, maka akan secara otomatis Nokia Storage Check bakal langsung tersedia di Windows Phone kamu dengan catatan sudah melakukan update minimal ke Lumia Amber. Di Nokia Storage Check kamu juga bisa menghapus temporary files seperti yang ada di Storage Sense. Tetapi jika kamu menemukan files Other dengan isi files yang banyak, files ini tidak dapat dihapus secara langsung. Karena files Other termasuk kedalam system dari Windows Phone.

2. Backup Foto dan Video

Kamu dapat menghapus foto, music atau video yang tidak diinginkan secara manual. Tetapi jika kamu ingin secara otomatis free up memori telepon kamu, kamu bisa langsung membuat sistem backup ke cloud, yaitu OneDrive. Atau kamu juga bisa langsung memindahkan ke PC kalian. Caranya Setting > Application > Photo+Camera > Turn On Auto Upload ke OneDrive.

3. Uninstall Aplikasi dan Games yang Tidak Diperlukan
Ini menjadi hal yang lumayan ampuh untuk free up memori telepon kamu. Menghapus aplikasi atau games yang tidak diperlukan sangat berguna untuk menambah performa Windows Phone kamu. Biasanya Windows Phone yang suka nge-lag bisa disebabkan terlalu banyaknya aplikasi dan games yang di install ke Windows Phone.

4. Kurangi Streaming Music atau Video


Streaming music atau video juga dapat membuat memori telepon menjadi berkurang, karena files download-an dari streaming nantinya akan otomatis tersimpan ke memori telepon. Jadi kurangi streaming music atau video jika memenag tidak diperlukan.

5. Gunakan Memori Tambahan dan Cloud

JIka kalian mempunyai memori tambahn seperi Micro SD, gunakan itu. Micro SD dapat menjadi ruang penyimpanan aplikasi dan games yang ingin diinstall ke Windows Phone kamu. Perhatikan juga, saya merekomendasikan untuk menggunakan micro SD dengan class 4 keatas atau lebih baik class 10. Kenapa? karena micro SD dengan class 10 mempunyai kecepatan dan performa yang baik dan cepat,,

Sistem penyimpanan berbasis cloud juga sangat bermanfaat untuk menyimpan foto dan video yang kamu ambil. OneDrive menjadi ruang penyimpanan gratis dari Microsoft untuk keperluan backup data kalian. OneDrive secara default memeberikan secara gratis 7 GB sebagai ruang penyimpanan berbasis cloud. Tetapi kekurangan dari autoupload ke OneDrive adalah secara otomatis menyedot kuota data yang dimiliki sehingga jika pengguna tidak mengerti kenapa tiba" kuota habis, inilah penyebabnya. Auto Upload tidak direkomendasikan jika mengambil foto dalam keadaan yang mewajibkan mengambil foto secara massal.

No comments:

Post a Comment